Berdaya Saing, Mahasiswa Statistika UNY di Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa dan Kesuksesan dalam Mencapai Puncak Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36

Pengembangan ilmu statistika merupakan salah satu komponen penting dalam memajukan berbagai bidang keilmuan dan pengambilan keputusan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) terus mendukung dan mendorong inovasi di kalangan mahasiswa dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan salah satu program yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) menjadi kegiatan puncak pertemuan nasional dan forum kompetisi kreativitas yang terpilih melalui jalur seleksi pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Laporan Akhir hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang diadakan oleh Universitas Negeri Padjadjaran, Sumedang, Jawa Barat. Sebagai tuan rumah, Universitas Negeri Padjajaran menyiapkan platform untuk mahasiswa mempresentasikan ide-ide inovatif. Dengan semangat kompetisi dan kreativitas tinggi, para mahasiswa siap berkontribusi pada kemajuan bangsa melalui penalaran ilmiah dalam perjalanan mereka menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36.

Ribuan mahasiswa Indonesia berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 di Universitas Negeri Padjadjaran, Sumedang, Jawa Barat. Awalnya, mereka terlibat dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), mengembangkan ilmu dan teknologi dari perkuliahan. Melalui seleksi pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan penilaian kemajuan pelaksanaan (PKP2PKM) hingga penyusunan Laporan Akhir, para mahasiswa berhasil mencapai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Peserta yang berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) diharapkan untuk mengikuti agenda yang telah ditetapkan. PIMNAS ke-36 ini dilaksanakan pada tanggal 26 November - 1 Desember 2023. Hari pertama diawali dengan agenda registrasi peserta untuk memastikan kehadiran dan kesiapan mereka mengikuti rangkaian acara. Selanjutnya, dilakukan pemasangan display poster sebagai bagian dari kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) untuk menyampaikan informasi terkait karya ilmiah yang diharapkan dapat memberikan ide bagi para pengunjung untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat.  serta kegiatan instalasi PPT presentasi untuk memastikan kelancaran presentasi peserta selama kompetisi. Hari kedua dimulai dengan Opening Ceremony, sebuah momen penting untuk meresmikan acara dan memberikan semangat kepada seluruh peserta.  Pada hari ketiga dan keempat, fokus utama adalah pada sesi presentasi, di mana setiap peserta memiliki kesempatan untuk memaparkan hasil karyanya. Pada Hari terakhir dari semua rangkaian acara, dilaksanakan kuliah umum yang memberikan wawasan tambahan kepada peserta, diikuti oleh acara penutupan dan pengumuman pemenang untuk mengakhiri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Proses seleksi yang ketat telah menghasilkan penelitian terbaik dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Universitas-universitas terkemuka bersaing memperebutkan tempat di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), menjadi puncak pertemuan nasional dan forum kompetisi kreativitas. Mahasiswa Statistika, seperti Muhammad Nashiruddin Al Bani (Statistika 2021) dan Muhammad Akhdaan Al Ghozi (Statistika 2021), memiliki kesempatan dalam momentum ini. Mereka mengerjakan proyek berjudul "Implementasi Program Ecobrick Sampah di Kampung Kledokan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat" di bawah bimbingan Bapak Ngadiyono, S.Pd., M.Pd.

Sebelum pemberangkatan Kontingen Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Universitas Negeri Yogyakarta, melakukan serangkaian pendampingan melalui Training Center I, II, dan III. Setiap tahap melibatkan latihan presentasi, revisi Power Point, artikel, dan perbaikan poster yang dibersamai tim ahli dan alumni Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Label Berita: