Asma’ Khoirunnisa’ Memperoleh Juara III pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) FMIPA UNY Tahun 2023

Asma’ Khoirunnisa’ (Statistika 2021) memperoleh Juara III pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) FMIPA UNY Tahun 2023 yang diikuti oleh 10 Mahasiswa Terbaik perwakilan tiap program studi yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Lebih rincinya, seleksi ini diikuti oleh para mahasiswa dari program studi Statistika S1, Matematika S1, Pendidikan IPA S1, Biologi S1, Kimia S1, dan Pendidikan Fisika S1. Seleksi pada tahun ini terasa berbeda dan lebih “challenging” karena dilaksanakan secara luring, bertempatan di Ruang Sidang 1 dan Ruang Sidang 2 FMIPA UNY pada hari Senin, 3 April 2023 kemarin.
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) FMIPA UNY Tahun 2023 ini, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti CV, Capaian Unggulan Mahasiswa, dan draft Gagasan Kreatif Mahasiswa. Selanjutnya pada tahap final diselenggarakan presentasi dan tanya jawab Gagasan Kreatif, Wawancara Kepribadian, dan Interview dalam Bahasa Inggris. 

Salah satu juri, Dr. Isti Yunita setelah selesai acara seleksi memberikan motivasi dan penguatan kepada seluruh peserta. Dr. Isti Yunita menyampaikan bahwa mahasiswa perlu mempelajari hal-hal baru. Misalnya mahasiswa Matematika jangan hanya belajar Matematika tapi juga belajar mengasah softskill lainnya terutama public speaking dan kemampuan berbahasa asing (Bahasa Inggris). Beliau menambahkan bahwa jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Oleh karena itu, dengan ikut PILMAPRES seperti ini juga merupakan satu upaya untuk mencoba keluar dari zona nyaman.

Selama kuliah Asma’ Khoirunnisa’ telah meraih beberapa juara, penghargaan, dan publikasi ilmiah, diantaranya meraih Bronze Medal  dalam Agritech Research and Entrepreneurship Innovation (AGREETION) 2023 oleh Universitas Brawijaya, Best Presenter dalam The 1st International Youth Conference on Village SDG’s 2022 oleh Desamind yang berafiliasi dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), serta turut aktif terlibat dalam beberapa riset dalam PKM. Kini, Asma’ juga sedang mengemban amanah sebagai Koordinator (Ketua) PKM Center FMIPA UNY masa bakti tahun 2023. Terima kasih kepada segenap dosen dan keluarga Program Studi Statistika S1 atas semua dukungan dan ilmu yang telah diberikan sehingga terdapat mahasiswa yang dapat memperoleh Juara III pada PILMAPRES FMIPA UNY 2023. 
 

Label Berita: