Asma’ Khoirunnisa’ Mahasiswa Berprestasi Peringkat 1 pada Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta 2024

Asma' Khoirunnisa', seorang mahasiswi Statistika di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), telah berhasil menjadi Mahasiswa Berprestasi Peringkat 1 pada Program Sarjana di UNY tahun 2024. Prestasinya ini diraih setelah berhasil unggul dari enam pesaingnya dari berbagai fakultas dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas. Sebagai Mahasiswa Berprestasi Pertama Program Sarjana di UNY, Asma' akan mewakili universitas dalam Pilmapres Wilayah LLDIKTI V 2024.

Proses seleksi Pilmapres di UNY melibatkan beberapa tahap, termasuk tes kepribadian, wawancara, gagasan kreatif, pidato berbahasa Inggris, portofolio prestasi atau capaian unggulan (CU). Seleksi dilakukan secara hybrid pada tanggal 20 – 26 Maret 2024. Meskipun proses seleksi dilaksanakan pada Bulan Ramadhan, tetapi hal tersebut tidak mengikis semangat Asma' dan finalis program sarjana lainnya dalam persiapan hingga proses seleksi final tahap universitas.
Dalam wawancara, Asma' menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian ini dan mengaku senang bisa bertemu, bertukar pendapat, dan berkompetisi dengan perwakilan terbaik dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta. Ia juga mengapresiasi dukungan yang diterimanya dari dosen-dosen pembimbing, Koorprodi Statistika, Dekan & Wakil Dekan FMIPA, Kemahasiswaan UNY. “Kedua orang tua, keluarga di rumah, dan teman-teman seperjuangan juga turut mendukung saya,” tambahnya. Menurut Asma’, prestasi ini tentu adalah hasil dari doa, bimbingan, dan dukungan mereka.

Proses persiapan seleksi tidaklah bersifat instan dan mudah bagi Asma'. Untuk mempersiapkan diri, ia melatih dirinya untuk aktif mengikuti berbagai kompetisi, melakukan riset dan publikasi karya, hingga memberi dampak pada masyakarat sekitar melalui produk riset dan pengabdian masyarakat di pelosok. Seringkali harus multitasking dengan berbagai kewajiban lainnya pula. Meskipun tantangan pastilah ada dalam prosesnya, tetapi perjalanan pengembangan diri tersebut terasa menyenangkan bersama dengan masukan, bantuan, dan bimbingan dari dosen-dosen UNY, rekan dan keluarga di rumahnya.
Melalui ajang Pilmapres tahap Universitas, Asma' telah membuktikan dedikasinya dalam mengembangkan diri serta kontribusinya baik dari segi akademik dan nonakademik. Sebagai Mahasiswa Berprestasi Peringkat 1 pada Program Sarjana UNY, tentu mengisyaratkan pesan moral bagi dirinya untuk dapat menjadi sosok teladan bagi rekan-rekannya dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan sukses universitas. Semangatnya yang pantang menyerah dan ketulusan dalam berjuang, semoga dapat menginspirasi banyak orang di sekitarnya. 
 

Label Berita: