Workshop: Data mining using WEKA and R

FMIPA UNY bekerjasama dengan beberapa Universitas di Yogyakarta mendatangkan dosen sekaligus pakar IT dari India yaitu Dr. Kartick Chandra Modal dalam acara workshop dan seminar tahun 2017. Program Studi Matematika FMIPA UNY bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY memilih mengadakan workshop dengan judul Data Mining Using “R” Program and WEKA yang diagendakan sebagai salah satu program kerja kegiatan KBK statstitika dan komputer sekaligus ajang pertama dari HIMATIKA mengadakan workshop dengan mendatangkan pemaeri dari Lua Negeri, kegiatan ini ditujukan untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dengan bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai pengolahan data menggunakan Program R dan WEKA. 

Acara ini berlangsung di dua tempat dan merupakan workshop yang kedua kalinya diadakan di Laboratorium Komputer Jurdikmat FMIPA UNY dengan menggunakan VGA spitter sehingga dapat terkoneksi tayangan pada kedua tempat secara live. Peserta dari lab lantai 2 pun dapat berkomunikasi dengan dosen tamu di lab lantai 3. Workshop yang dibersamai oleh pembicara yang berasal dari India yakni Dr. Kartick Candra Mondal telah dilaksanakan selama dua hari pada hari Selasa hingga Rabu, 10-11 Oktober 2017 pukul 08.00-14.30 di Laboraturium Komputer Matematika 1 dan 2. Dr. Kartick Candra Mondal sendiri adalah seorang asisten professor dan pascasarjana koordinator jurusan teknologi informasi Jadavpur University, India. 

Workshop ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 08.00 dengan rangkaian pembukaan oleh MC, sambutan dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yakni Dr. Hartono, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang program R dan WEKA oleh Dr. Kartick Candra Mondal. Setelah selesai penyampaian materi dilanjutkan dengan lunch break dari pukul 11.10-12.50. Pada pukul 13.00 peserta telah memasuki ruangan kembali untuk melanjutkan sesi praktik program R bersama Dr. Kartick hingga pukul 14.15 dan diakhiri dengan penutupan.

Pada hari kedua diawali dengan pembukaan oleh MC yang kemudian langsung dilanjutkan dengan sesi praktik program WEKA bersama Dr. Kartick. Setelah itu masuk ke acara Forum Group Discussion hingga sekitar pukul 10.45 kegiatan terpotong karena pemadaman listrik dan genset sedang dalam perbaikan. Karena hal tersebut maka panitia memutuskan acara dilanjutkan dengan lunch break hingga listrik kembali menyala. Pada pukul 13.00 listrik telah kembali menyala dan acara dapat kembali dilaksanakan dengan sesi berikutnya yaitu sesi Evaluation hingga pukul 14.00. Pada acara terakhir yaitu penutupan sekaligus penyerahan kenang-kenangan oleh Bapak Ketua Prodi Matematika yakni Dr. Agus Maman Abadi kepada pembicara Workshop, Dr. Kartick Chandra Mondal.

Secara singkat, dalam workshop ini, Dr. Kartick mengajak semua mahasiswa dan beberapa dosen untuk melakukan olah data khususnya Weka dan Program R. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias karena mereka dapat melakukan komputasi menggunakan Program R dengan suasana yang berbeda, permasalahan yang lebih aplikatif dan tingkat kesulitan yang berbeda dari perkuliahan statistika. Hal in dtunjukkan bahwa selama acara workshop mahasiswa sangat pro aktif bahkan pada sesi terakhir beberapa kelompok dapat melaporkan tugas dan mempresentasikan hasil analisisnya seperti pada beberapa foto terlampir. 

Label Berita: