Sosialisasi Peminatan Studi bagi Mahasiswa Program Studi Statistika UNY Angkatan 2020

Pada pertengahan tahun 2020, Menteri Pendidikan Republik Indonesia meluncurkan program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Mengacu pada kurikulum MBKM 2020, mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa untuk dapat memperoleh gelar Sarjana Statistika (S.Stat.) yaitu sebanyak 147-152 sks, yang mana di dalamnya terdapat beberapa sks dari mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan di Program Studi S1 Statistika UNY disusun berdasarkan 4 (empat) peminatan studi yaitu Minat Pendidikan dan Ilmu Sosial, Minat Biostatistika, Minat Ilmu Aktuaria, dan Minat Ekonomi dan Bisnis. Untuk mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari pada masing-masing mata kuliah  pilihan yang ditawarkan, maka Program Studi S1 Statistika UNY menyelenggarakan sosialisasi peminatan studi. Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan 5 (lima) pemateri utama yaitu Ibu Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa (Guru Besar Matematika UNY), Ibu Kismiantini, Ph.D. (Dosen/Koorprodi Statistika UNY), Ibu Rosita Kusumawati, M.Sc. (Dosen/Kalab Prodi Statistika UNY), Bapak Ezra Putranda Setiawan, M.Sc. (Dosen Prodi Statistika UNY), dan Bapak Bayutama Isnaini, M.Si. (Dosen Prodi Statistika UNY). Sosialisasi peminatan studi ini dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Juli 2022 melalui virtual meeting pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Sasaran dari kegiatan sosialisasi ini yaitu mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNY Angkatan 2020. 

Sebelum masuk ke penjelasan materi, Ibu Kismiantini, Ph.D sebagai Koorprodi Statistika memberikan sambutan sekaligus memberikan penjelasan secara global mengenai mata kuliah pilihan. Mahasiswa Prodi Statistika UNY Angkatan 2020 pada semester 5 dapat mengambil dua mata kuliah pilihan dengan syarat nilai IP semester sebelumnya lebih dari 3,00. Beliau juga menambahkan bahwa mahasiswa minimal mengambil empat mata kuliah pilihan yang terdiri dari tiga mata kuliah pilihan dalam satu minat yang sama dan satu mata kuliah pilihan dari minat yang lain. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan pada semester 5 yaitu Analisis Mediasi Statistik, Biostatistika Terapan, Matematika Keuangan, dan Ekonometrika. Kemudian untuk semester genap, mata kuliah pilihan minat Pendidikan dan Ilmu Sosial yang akan ditawarkan yaitu Pemodelan Persamaan Struktural, Analisis Data Longitudinal. Pada minat Biostatistika yaitu Analisis Survival, Statistik Spasial, dan Metode Statistika untuk Epidemiologi. Selanjutnya, mata kuliah pilihan minat Ilmu Aktuaria yang dibuka yaitu Asuransi Jiwa, Pemodelan Risiko, dan Dana Pensiun, sedangkan pada minat Ekonomi dan Bisnis akan dibuka mata kuliah Statistika Keuangan, Proses Stokastik, Bisnis Analitik. Mata kuliah-mata kuliah pilihan ini dapat terselenggara apabila memenuhi kuota minimal yang ditetapkan oleh FMIPA UNY. 

Pada kegiatan kali ini, presentasi yang disampaikan oleh pemateri dilakukan secara paralel. Pada kesempatan pertama, Ibu Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa memberikan materi tentang mata kuliah Analisis Survival. Pada Analisis Survival ini akan dipelajari tentang konsep dasar analisis survival, metode non-parametrik untuk estimasi fungsi survival, metode non-parametrik untuk membandingkan distribusi survival, distribusi survival parametrik, estimasi untuk distribusi survival parametrik tanpa kovariat, metode grafik untuk penepasan distribusi survival, uji goodness of fit dan seleksi distribusi, metode parametrik untuk membandingkan dua distribusi survival. Beliau juga menambahkan bahwa analisis survival ini menganalisis data tahan hidup. Misalnya dalam bidang kesehatan untuk melihat berapa lama pasien bertahan hidup atau sampai pasien sembuh untuk melihat pengaruh obat yang diberikan. 

Pemateri kedua pada sosialisasi ini yaitu Ibu Rosita Kusumawati, M.Sc. Beliau menyampaikan materi tentang tiga mata kuliah pilihan minat Ilmu Aktuaria (Asuransi Jiwa, Matematika Keuangan, Dana Pensiun) dan satu mata kuliah pilihan pada minat Ekonomi dan Bisnis (Statistika Keuangan). Pada mata kuliah Statistika Keuangan akan dibahas mengenai metode statistika yang digunakan dalam permasalahan keuangan seperti mengkaji tentang saham, obligasi, opsi dan sebagainya. Topik yang dibahas yaitu bentuk distribusi dari return saham, menganalisis risiko dari return saham, peramalan return saham, ukuran risiko value at risk, dan portofolio saham (bentuk investasi yang berupa gabungan beberapa saham). Selanjutnya, Ibu Rosita menjelaskan mengenai mata kuliah Asuransi Jiwa. Asuransi Jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang memperhatikan kejadian hidup dan mati seseorang, dimana ada santunan yang diterima oleh ahli waris nasabah ketika kejadian kematian itu terjadi. Topik yang dibahas dalam mata kuliah asuransi jiwa yaitu model asuransi jiwa diskrit dan kontinu, anuitas hidup diskrit dan kontinu, premi dan cadangan premi diskrit dan kontinu, serta beberapa topik lanjutan (multiple life models, multiple decrement models, model klaim, dan model collective risk). Kemudian, mata kuliah pilihan salanjutnya yaitu Matematika Keuangan. Topik yang dibahas pada mata kuliah Matematika Keuangan yaitu teori bunga, fungsi akumulasi, fungsi jumlah, tingkat bunga tunggal dan majemuk, tingkat bunga nominal dan efektif, anuitas tentu awal, akhir, dan bentuk umum, discounted cash flow, amortisasi, sinking fund, obligasi, dan yield. Selanjutnya, Ibu Rosita memaparkan mengenai materi apa saja yang dipelajari pada mata kuliah Dana Pensiun. Dana Pensiun dapat dilihat sebagai bentuk perluasan dari asuransi jiwa. Nasabah atau peserta dana pension akan memperoleh manfaat pensiun untuk beberapa kondisi. Misalkan dimodelkan, seorang pekerja mengalami cacat permanen atau memutuskan pensiun dini atau pensiun sesuai jadwalnya, maka peserta akan memperoleh sejumlah dana. Topik yang dibahas dalam Dana Pensiun yaitu penentuan manfaat, biaya dan kewajiban dana pension, beberapa metode biaya aktuaria dan pengaruhnya terhadap pola biaya, pemilihan asumsi-asumsi aktuaria, serta prinsip dari manajemen aset dan kewajiban. 

Pemateri selanjutnya yaitu Bapak Bayutama Isnaini, M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang dua mata kuliah pilihan yang ada pada minat Ekonomi dan Bisnis yaitu mata kuliah Ekonometrika dan Proses Stokastik. Bapak Bayu menjelaskan bahwa Ekonometrika terdiri dari beberapa kumpulan konsentrasi ilmu yaitu teori ekonomi, matematika, dan statistika. Tujuan dari Ekonometrika ini adalah untuk memberikan bukti empiris terhadap teori ekonomi. Mata kuliah ini mempelajari tentang analisis regresi linier berganda dalam aplikasinya pada topik ekonometrika, model regresi data panel, model ekonometrika dinamis, model persamaan simultan, kointegrasi, Error Correction Model (ECM), dam model Vector Autoregressive (VAR). Kemudian, Bapak Bayu menyampaikan materi untuk mata kuliah Proses Stokastik. Proses stokastik merupakan suatu barisan kejadian yang memenuhi hukum-hukum peluang. Proses stokastik banyak digunakan untuk memodelkan evolusi suatu sistem yang memuat suatu ketidakpastian. Materi yang akan dipelajari pada Proses Stokastik yaitu model stokastik dan teori peluang yang berkaitan, rantai Markov (waktu diskrit dan kontinu), proses Poisson, Compound Poisson Process, Gerak Brown, Proses kelahiran dan kematian, serta aplikasinya. 

Penjelasan materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Ezra Putranda Setiawan, M.Sc. Beliau memberikan penjelasan mengenai materi tiga mata kuliah pilihan pada minat Biostatistika (Biostatistika Terapan, Statistik Spasial, dan Meta Analisis), satu mata kuliah pilihan pada minat Ilmu Aktuaria (Pemodelan Risiko), dan satu mata kuliah pilihan pada minat Ekonomi dan Bisnis (Bisnis Analitik). Mata kuliah Biostatistika Terapan mengkaji berbagai prosedur statistika dalam berbagai macam riset biologi-kesehatan diantaranya survey epidemiologi/kesehatan masyarakat, riset klinis, riset kohort, riset kasus kontrol, riset potong lintang, riset diagnostik, dan riset ekologis. Selain itu, pada Biostatistika Terapan juga akan diperkenalkan data bioinformatika. Selanjutnya Bapak Ezra memberikan penjelasan mengenai Statistik Spasial. Mata kuliah Statistik Spasial mempelajari prosedur pengumpulan, pengolahan, dan analisis data spasial dengan tetap memperhatikan dimensi ruang. Kemudian, pada mata kuliah Meta Analisis beliau menjelaskan bahwa penelitian medis merupakan salah satu bidang penelitian yang cenderung mahal, karena cukup sulit untuk memperoleh subjek penelitian maupun data yang dikehendaki, sehingga meta analisis ini akan menggabungkan beberapa penelitian secara kuantitatif, seperti melihat dari ukuran sampel, faktor-faktor yang dimasukkan dalam masing-masing penelitian. Selanjutnya, pada mata kuliah Pemodelan Risiko akan dibahas mengenai pengantar risiko, operasional lembaga keuangan dan risiko yang dihadapinya, risiko kredit, risiko investasi (saham, obligasi, dan derivatif), risiko suku saham, serta model-model risiko kerugian. Materi selanjutnya yaitu mata kuliah Bisnis Analitik. Bisnis analitik merupakan suatu kumpulan disiplin dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan bisnis menggunakan analisis data, model statistika, dan metode kuantitatif lainnya. Menurut Bapak Ezra, bisnis analitik tidak sama dengan menganalisis suatu bisnis. Pada bisnis analitik akan dipelajari cara menggunakan berbagai metode statistika maupun machine learning untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data guna menyelesaikan permasalahan bisnis sehingga dapat membantu manajemen dalam mengambil suatu keputusan.

Pemateri terakhir dalam sosialisasi ini adalah Ibu Kismiantini, Ph.D. Beliau memberikan penjelasan mengenai empat mata kuliah pilihan yang ada pada peminatan Pendidikan dan Ilmu Sosial yaitu Analisis Mediasi Statistik, Pemodelan Persamaan Struktural, Pemodelan Multilevel, dan Analisis Data Longitudinal. Mata kuliah Analisis Mediasi Statistik akan mempelajari mengenai konsep dasar model mediasi, penerapan model mediasi, model mediator tunggal dan berganda, model mediasi analisis jalur, model mediasi longitudinal, model mediasi multilevel, mediasi dan moderasi. Selanjutnya, Ibu Kismiantini memaparkan materi pada mata kuliah Pemodelan Persamaan Struktural. Mata kuliah ini akan mempelajari konsep dasar pemodelan persamaan struktural, analisis faktor konfirmatori, persamaan struktural dengan variabel laten, model pertumbuhan laten bagi analisis data longitudinal, pemodelan multi-grup, pemodelan campuran, serta ukuran sampel bagi pemodelan persamaan struktural. Kemudian, pada mata kuliah Pemodelan Multilevel akan dipelajari mengenai model linier, pengantar struktur data multilevel, pengepasan model dua level, model tiga level dan lebih, analisis data longitudinal dengan model multilevel, model linier tergeneralisasi multilevel, pemodelan multilevel Bayesian. Selanjutnya, Ibu Kismiantini menjelaskan tentang mata kuliah Analisis Data Longitudinal. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang pengantar studi longitudinal, pendekatan analisis variansi pada data longitudinal, pendekatan analisis variansi multivariat pada data longitudinal, model regresi pengaruh campuran bagi respon kontinu, model regresi polinomial pengaruh campuran, model pola kovarians, model regresi campuran dengan autocorrected error, model generalized estimating equation (GEE), model regresi pengaruh campuran bagi respons biner dan ordinal, model regresi pengaruh acak bagi data nominal dan cacah. Beliau juga menjelaskan pada cross sectional study terdapat sekumpulan orang atau beberapa grup yang dikumpulkan datanya secara bersamaan, sedangkan pada longitudinal study terdapat grup yang sama diamati secara berulang dalam periode waktu tertentu, sehingga data longitudinal merupakan data yang cukup mahal untuk diperoleh. Data longitudinal yang ada Indonesia yaitu Indonesian Family Life Survey (IFLS). Data ini merupakan data yang diamati secara terus menerus mulai dari IFLS 1 sampai dengan IFLS 5 dengan mayoritas respondennya sama.

Sosialisasi peminatan studi ini dihadiri oleh 40 mahasiswa. Pada akhir acara, Ibu Koorprodi melakukan polling untuk mengidentifikasi awal sekiranya mata kuliah pilihan apa yang diminati oleh mahasiswa. Ada 30 mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam polling ini. Berdasarkan hasil pengumpulan ini, diperoleh 57% memilih minat Ekonomi dan Bisnis, kemudian 30% memilih minat Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10% memilih minat Ilmu Aktuaria, dan 3% memilih minat Biostatistika. Tetapi hal ini untuk mengidentifikasi di awal saja, mahasiswa masih bisa berganti minat apabila ingin mengganti peminatan pada periode entri KRS. Ada beberapa mata kuliah pilihan yang akan dibuka untuk program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, sehingga ada beberapa mahasiswa dari luar Prodi Statistika UNY akan bergabung dengan mata kuliah pilihan tersebut.

Label Berita: