Prestasi Olah Raga Maya Novia Puspita Mahasiswa Prodi Statistika UNY

Maya Novia Puspita adalah mahasiswa prodi Statistika Angkatan 2019 di Universitas Negeri Yogyakarta. Ia adalah mahasiswa yang berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat. Walaupun berasal dari daerah yang cukup jauh jari Yogyakarta, tidak menghalanginya berprestasi di bidang olahraga. Ia dikenal sebagai salah satu atlet volly di daerahnya. Tidak hanya itu, pada kegiatan Sport and Art (SPARTA) 2019 yang diadakan oleh mahasiswa jurusan pendidikan matematika di Universitas Negeri Yogyakarta, ia terpilih untuk mewakili kelas Statistika G 2019 dalam tim futsal putri. Pada kegiatan itu, dia berhasil membawa nama kelasnya menjadi juara pertama. Selain itu ia juga menjadi Top Scorer Putri karena berhasil mencetak gol terbanyak saat bertanding.

Pada kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2019 yang diselenggarakan oleh BEM FMIPA, ia juga mewakili jurusan pendidikan matematika dalam ajang volleyball putri. Pada Porseni tahun 2019 itu, jurusan pendidikan matematika berhasil mendapatkan juara 2. Selain di bidang volleyball putri, Maya juga mewakili jurusan pendidikan matematika di ajang basket putri di ajang kegiatan perlombaan tersebut. Ia bersama tim berhasil membawa nama jurusan pendidikan matematika menjadi juara kedua pada ajang basket putri tersebut.

Selain mengikuti beberapa kegiatan lomba di kampus, ia juga sering mengikuti kejuaraan volleyball yang di adakan di Yogyakarta maupun daerah sekitarnya. Pada bulan November 2019, ia mengikuti kejuaraan Volleyball yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Hu'u (IMH) yang berada di Yogyakarta. Kejuaraan tersebut diadakan khusus untuk pelajar dan mahasiswa NTB yang ada di Yogyakarta, ada sebanyak 15 tim putri yang mewakili daerahnya masing-masing. Maya menjadi salah satu pemain dari tim Naganuri, ia bersama tim berhasil membawa tim Naganuri menjadi juara 3 di kejuaraan tersebut. Tidak lama mengikuti kejuaraan tersebut, ia beserta anggota lain dari tim Naganuri mengikuti salah satu kejuaraan di Malang yang diselenggarakan oleh Ikatan Kerukunan Pelajar Mahasiswa Dompu (IKPMD). Organisasi tersebut mengadakan perlombaan volleyball putri di Universitas Islam Malang untuk seluruh penduduk NTB yang ada di pulau jawa. Kejuaraan ini diikuti oleh 20 tim yang mewakili daerahnya masing-masing maupun clubnya. Pada perlombaan ini dijuarai oleh tim Asmasi dari Malang  dan juara 2 Naganuri dari Yogyakarta.

Maya juga mengikuti kejuaraan yang lebih tinggi lagi, yaitu kejuaraan se-Nusantara. Pada akhir tahun 2019, ia mengikuti kejuaraan yang mewakili provinsi Nusa Tenggara Barat dalam ajang Volleyball putri yang diadakan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Bangka-Yogyakarta (ISBA) di asrama putra Bangka yang berada di Yogyakarta. Kejuaraan ini di ikuti oleh 23 tim putri yang mewakili club maupun provinsinya masing-masing. Kejuaraan ini selalu diadakan tiap tahunnya, pada tahun 2019 kejuaraan tersebut dijuarai oleh tuan rumah yaitu tim putri Bangka, juara 2 tim Kalimantan, dan juara 3 oleh tim Taruni NTB. Maya adalah salah satu pemain inti yang mewakili Nusa Tenggara Barat dalam kejuaraan tersebut. Selain kejuaraan tersebut, pada tahun 2020, ia mewakili Nusa Tenggara Barat dalam kegiatan kejuaraan VolleyBall putri Sasando cup 2020 yang diadakan oleh mahasiswa organisasi NTT untuk Se-Nusantara. Kegiatan tersebut diadakan awal bulan Maret 2020 di lapangan bromonilan Yogyakarta yang diikuti oleh 26 tim putri yang mewakili tiap provinsi. Pada kegiataan tersebut, provinsi NTB berhasil mendapatkan juara 2 karena dikalahkan oleh tim dari provinsi Kalimantan.

 

Label Berita: