Mahasiswa Prodi Statistika memperoleh penghargaan penyaji terbaik I dalam penelitian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 70 Judul FMIPA UNY 2020

Selamat kepada  2 tim dari program studi statistika UNY atas penghargaan menjadi penyaji terbaik I dalam penelitian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)  70 Judul 2020 yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY. Hasil ini diumumkan pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2020. Tim pertama diketuai oleh Nusyrotus Sa’adah serta anggota tim Andriati Langiran dan Hadi faisal Afif menjadi penyaji terbaik I dari kelompok reviewer Bapak Khafidz Nur Aziz, M.Sc.  Tim tersebut mengangkat topik penelitian terkait “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi  Indeks Kedalaman dan Indeks Keparahan Kemiskinan di Indonesia dengan pendekatan Regresi Linear”. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa faktor yang signifikan mempengaruhi indeks kedalaman dan keparahan kemiskinan adalah angka partisipasi sekolah serta persentase rumah tangga yang menggunaan laptop. 

Tim selanjutnya, tim Adi Setiawan dan dua rekannya yaitu Fabian Vito Pradipta dan Binti Luthfiaturrohmah Aj dengan judul penelitian “Analisis Resiko Relatif penderita Hipertensi di Kota Yogyakarta Menggunakan Regresi Poisson” menjadi penyaji terbaik I dari kelompok reviewer Ibu Syarifah Inayati, M.Sc. Hasil penelitian dari tim tersebut yaitu: 1. Tingkat resiko relatif lebih tinggi pada 4 Kecamatan, yaitu kecamatan Wirobrajan, Kecamatan Ngampilan, Kecamatan tegalrejo, dan Kecamatan Keraton daripada kecamatan-kecamatan lainnya. 2. Semakin tinggi kepadatan penduduknya maka semakin tinggi kasus hipertensi di wilayah tersebut, 3. Lebih lanjut diketahui bahwa perempuan lebih beresiko terkena hipertensi daripada laki-laki.

Penelitian ini telah dilaksanakan selama 4 bulan terhitung pada bulan Juni hingga akhir September 2020. Penelitian di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi pada masing-masing tim. Pelaksanaan penelitian ini harus memperhatikan protokol kesehatan dan meminimalisir diskusi secara tatap muka.  Selama penelitian, kedua tim tersebut dibimbing oleh Ibu Kismiantini, Ph.D. mulai dari penyusunan proposal hingga terbentuknya laporan dan artikel. Dengan keikutsertaan dalam penelitian PKM 70 Judul ini, diharapkan mahasiswa prodi Statistika dapat meningkatkan kreatifitas, meningkatkan kemampuan dalam menulis atikel yang baik, dan meningkatkan semangat berkarya.
 

Label Berita: