Kuliah Praktisi Mata Kuliah Machine Learning Statistika

Perkembangan kebutuhan data menjadi pintu yang secara jelas menghubungkan dunia Pendidikan Tinggi dan Industri. Mahasiswa terkhusus Program Studi Statistika memiliki tuntutan untuk dapat memahami pemanfaatan nyata dari data-data yang ada. Melalui mata kuliah Machine Learning Statistika, Program Studi Statistika FMIPA UNY menyelenggarakan kuliah praktisi dengan mengundang salah satu professional Data Scientist di Indonesia, yaitu Nur Chamid, S.Si.. Nur Chamid merupakan salah satu Data Scientist di PT. Astra International Tbk dan alumni Program Studi Matematika FMIPA UNY. 

Kuliah praktisi ini berjalan sebanyak 3 sesi perkuliahan yaitu pada tanggal 9, 16 dan 23 April 2022. Topik yang dibahas selama kuliah sesi pertama membahas topik Bagging, Boasting dan Random Forrest. Topik ini berkaitan dengan teknik ensemble, tujuannya tidak lain untuk meningkatkan akurasi atau meminimalkan error dari analisis yang dilakukan. Meskipun ada opsi perbaikan model, teknik ensemble ini tidak lepas dari kekurangan berupa konsumsi waktu yang lebih banyak dan penggunaan storage yang lebih besar. Kemudian pada kuliah sesi kedua mengangkat topik Analisis Cluster. Analisis cluster adalah teknik multivariat yang bertujuan untuk mengelompokkan objek-objek berdasarkan karakteristik yang dimilikinya. Objek dapat berupa produk (barang dan jasa), benda (tumbuhan atau lainnya), serta orang (responden, konsumen atau yang lain). Objek tersebut akan diklasifikasikan ke dalam satu atau lebih cluster (kelompok) sehingga objek-objek yang berada dalam satu cluster akan mempunyai kemiripan satu dengan yang lain. Sesi kuliah ketiga pada tanggal 23 April 2022 membahas Seleksi Fitur dan Reduksi Dimensi. Seleksi Fitur dan Reduksi Dimensi merupakan teknik penyiapan data sebelum dianalisis yang bertujuan untuk memilih fitur yang memiliki hubungan kuat dengan hasil analisis yang diinginkan.  

Target kegiatan ini adalah mahasiswa Statistika kelas G 2019 dan G 2020. Selama ketiga sesi tersebut berjalan, rata-rata peserta yang hadir dan berpartisipasi sebanyak 50 mahasiswa. Harapan terselenggaranya kegiatan praktisi ini adalah mahasiswa dapat lebih menyadari bahwa terdapat model-model statistika lain yang perlu dipahami sebagai dasar untuk analisis data yang tepat sasaran. 
 

Label Berita: