Asma’ Khoirunnisa’ Memperoleh Bronze Medal pada The International Research Innovation for Agritech Development dari Universitas Brawijaya

Sehatkah penggunaan laptop yang berlebihan bagi mahasiswa? Pertanyaan ini mungkin terdengar retoris untuk masa kini dimana mahasiswa memang sudah cenderung tidak bisa lepas dari laptop, terutama bagi mahasiswa dengan program studi yang memang bersinggungan banyak dengan penggunaan software komputasi seperti statistika. Diketahui bersama bahwa laptop memiliki paparan radiasi yang jika sudah terakumulasi akan membahayakan kesehatan penggunanya. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan konsep Society 5.0 sebab teknologi yang ada jangan sampai membahayakan atau mengancam produktivitas serta kesejahteraan manusia sebagai suatu society.

Kekhawatiran tersebut lah yang mendasari riset Asma’ Khoirunnisa’ (Statistika 2021) pada The International Research Innovation for Agritech Development yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya pada 1 Februari hingga 21 Maret untuk acara puncaknya yaitu Winner Announcement and Awarding Ceremony. Bersama dengan dosen pembimbing dari Departemen Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Dr. Pujianto, S.Pd., M.Pd. dan rekan tim yakni Adillia Nur Anggraini (Kimia 2022) dan Nur Azmi Zahra Fitriani (Kimia 2022) telah berhasil menyusun riset dengan judul “Optimization of Radiation Exposure Reduction on Laria-Pad (Laptop Radiation Absorbing Pad) from Mother-in-law's Tongue and Eggshell Using Response Surface Methodology” dan memperoleh Bronze medal.

The International Research Innovation for Agritech Development adalah sebuah kompetisi ilmiah internasional yang diadakan oleh Agritech Research and Study Club (ARSC), Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya sebagai bagian dari Agritech Research and Entrepreneurship Innovation (AGREETION) 2023. Perlombaan bergengsi ini diikuti oleh beberapa universitas ternama dari negara tetangga yakni Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Sains Malaysia (USM), De La Salle University (DLSU), dan universitas terbaik lainnya di regional Asia Tenggara. Ratusan tim dari universitas terbaik di Indonesia juga turut berpartisipasi dalam memeriahkan kompetisi ini.
 

Label Berita: