STATement Januari 2023

Program Studi Statistika Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan STATement pada Rabu, 11 Januari 2023 secara virtual meeting. Acara STATement ini sudah diselenggarakan ketiga kalinya, dan diadakan di setiap jeda antar semester. Kegiatan STATement kali ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa Statistika UNY mengenai Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), persiapan kuliah semester genap Tahun Ajaran 2022/2023, serta info terkait Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir Skripsi (TAS). Mahasiswa yang hadir dalam acara ini yaitu mahasiswa Statistika UNY Angkatan 2018 sampai Angkatan 2022. 

Beberapa informasi pada acara STATement Januari 2022 ini disampaikan langsung oleh Ibu Kismiantini, Ph.D. selaku Koorprodi Statistika UNY. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Rosita Kusumawati, M.Sc. selaku Kepala Laboratorium Statistika, Bapak Ezra Putranda Setiawan, M.Sc. selaku perwakilan dari Penjamin Mutu. Kemudian, moderator pada STATement kali ini yaitu Bapak Bayutama Isnaini, M.Si dan juga hadir Ibu Indira Ihnu Brilliant, M.Stat. 

Informasi awal yang disampaikan oleh Ibu Kismiantini, Ph.D mengenai MBKM. Beliau menyampaikan mengenai beberapa program yang diluncurkan oleh kemendikbud. Salah satu program yang sedang dibuka yaitu MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) dengan syarat mahasiswa D4 dan S1 minimal semester 5. Ketentuan lebih lanjut dapat dilihat di website https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan untuk program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dapat dilihat di https://program-pmm.id/. 
Selanjutnya, Ibu Kismiantini, Ph.D menyampaikan persiapan perkuliahan semester genap TA 2022/2023 bagi masing-masing angkatan, mulai dari mahasiswa Statistika UNY angkatan 2018 sampai angkatan 2022. Setelah menyampaikan persiapan perkuliahan, beliau menyampaikan informasi tambahan mengenai PKL dan TAS, terutama bagi mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020. Beliau memberikan pesan kepada mahasiswa agar terus semangat dalam menyelesaikan studi, terutama dalam menyelesaikan laporan PKL dan TAS yang menjadi syarat wajib lulus. Beliau juga menekankan kepada mahasiswa agar dalam menyusun laporan PKL atau TAS mengikuti pedoman penyusunan laporan PKL (http://fmipa.uny.ac.id/pedoman-pkl) atau TAS (http://fmipa.uny.ac.id/pedoman-tas) yang sudah ada, serta mengambil referensi dari sumber-sumber utama dan terpercaya, tentunya tidak lupa mencantumkan referensi tersebut, sehingga dihasilkan sebuah karya tulis yang relevan dan tidak terlampau bias atau subjektif. 

Pada akhir kegiatan ini, Ibu Rosita Kusumawati, M.Sc. memberikan informasi tambahan mengenai penggunaan Laboratorium Statistika dan Bapak Ezra Putranda Setiawan, M.Sc. memberikan tambahan informasi mengenai Survey Monev Pembelajaran yang merupakan jalur resmi untuk menjamin kualitas pembelajaran, baik di awal maupun di akhir perkuliahan, dimana setiap informasi yang disampaikan melalui monev  akan diolah oleh gugus Penjaminan Mutu untuk disampaikan kepada pengelola prodi atau dosen terkait. 
 

Label Berita: