Pencapaian Prestasi yang Membanggakan Program Studi Statistika FMIPA, Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang

Pengembangan statistika merupakan salah satu komponen penting dalam memajukan berbagai bidang keilmuan dan pengambilan keputusan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) terus mendukung dan mendorong inovasi di kalangan mahasiswa dalam bentuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM merupakan salah satu program yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). PKM bertujuan untuk melatih kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam rangka memecahkan permasalahan di berbagai bidang kehidupan, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Dalam kategori PKM 8 Bidang, proposal yang lolos dari standar nilai yang ditetapkan (passing grade) akan didanai oleh Belmawa. Kompetisi ini sangat ketat, dengan banyaknya ide brilian yang diajukan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kabar membanggakan datang dari mahasiswa program studi statistika FMIPA UNY. Dalam surat bernomor: 2383/E2/DT.01.00/2023 terdapat 4 (empat) mahasiswa program studi statistika FMIPA UNY yang lolos terdanai antara lain:
Asma’ Khoirunnisa’ dan Firdaus Amruzain Satiranandi Wibowo (Statistika 2021) dengan judul “Optimasi Reduksi Radiasi pada Laptop Shield dari Sansevieria trifasciata Laurentii dan Abu Sekam Padi menggunakan Response Surface Methodology” di bawah bimbingan Bapak Wipsar Sunu Brams Dwandaru, S.Si., M.Sc., Ph.D. Selanjutnya adalah Muhammad Akhdaan Al Ghozi dan Muhammad Nashiruddin Al Bani (Statistika 2021) dengan judul “Implementasi Program Ecobrick Sampah Di Kampung Kledokan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat” di bawah bimbingan  Bapak Ngadiyono, S.Pd., M.Pd. 

Keberhasilan para mahasiswa Program Studi Statistika dalam mendapatkan pendanaan ini adalah bukti nyata bahwa kontribusi dan kolaborais dari ilmu statistika memiliki peran yang sangat penting dalam memecahkan berbagai masalah kompleks di masyarakat. Penggunaan statistika yang tepat dan inovatif dapat menghasilkan informasi berharga yang membantu pengambilan keputusan yang lebih baik di berbagai bidang, termasuk pertanian, transportasi, ekonomi, kesehatan, dan lain-lain.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan institusi pendidikan, semoga lebih banyak lagi mahasiswa dari berbagai program studi dapat menghasilkan proyek-proyek inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan dapat bersaing dalam kompetisi PKM 8 Bidang. Mari terus dorong dan dukung para mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu statistika dan ilmu pengetahuan secara keseluruhan, demi masa depan yang lebih baik.
 

Label Berita: