Workshop Peninjauan Kurikulum: Internal, Mandiri, dan Berkelanjutan

Dalam rangka penyesuaian kurikulum dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat, Jurusan Pendidikan Matematika melakukan serangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) kurikulum yang dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Pada tahun 2022 ini, bagian dari kegiatan monev ini adalah Workshop Peninjauan Kurikulum yang dilakukan oleh masing-masing program studi di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Workshop kali ini membahas tentang visi keilmuan prodi dan peninjauan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah-Capaian Pembelajaran Lulusan (CPMK-CPL).

Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2019 di Hotel Grand Rohan Yogyakarta yang dihadiri oleh 45 dosen Jurusan Pendidikan Matematika. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Ibu Dr. Sri Andayani dan selanjutnya para penyaji yaitu Bapak Prof. Dr. Sugiman selaku Koordinator Prodi S2 dan S3 Pendidikan Matematika, Ibu Dr. Sri Andayani selaku Koordinator Prodi S1 Matematika, Ibu Kismiantini, Ph.D. selaku Koordinator Prodi S1 Statistika, dan Ibu Endah Retnowati, Ph.D. selaku Koordinator Prodi S1 Pendidikan Matematika.

Pembahas utama visi keilmuan prodi S1 Statistika adalah Ibu Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa, Bapak Prof. Dr. Agus Maman Abadi, Bapak Dr. Hartono, Ibu Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, dan Ibu Dr. Sri Andayani. Hasil diskusi peninjauan ini menyepakati bahwa visi keilmuan prodi S1 Statistika adalah

Pada tahun 2025 menjadi program studi Statistika yang unggul dalam analisis data pendidikan dan ilmu sosial berbasis komputasi di tingkat nasional guna menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

Kegiatan kedua adalah peninjauan CPMK-CPL prodi-prodi di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Bapak/Ibu dosen Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Statistika yaitu Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa, Kismiantini, Ph.D., Rosita Kusumawati, M.Sc., Ezra Putranda Setiawan, M.Sc., Bayutama Isnaini, M.Si., dan Indira Ihnu Brilliant, M.Stat. melakukan diskusi terkait kesesuaian CPMK-CPL Prodi S1 Statistika dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada mata kuliah-mata kuliah yang diselenggarakan di semester gasal dan genap. Pada peninjauan kali ini ditekankan penambahan muatan literasi era revolusi industri 4.0 pada RPS.

Kegiatan perumusan visi keilmuan prodi, peninjauan kurikulum dan evaluasi RPS ini merupakan upaya yang dilakukan prodi untuk memonitor dan mengevaluasi implementasi kurikulum. Kegiatan seperti ini adalah salah satu bentuk dalam penjaminan mutu yang diterapkan secara internal, mandiri, dan berkelanjutan. Dengan demikian, kualitas perkuliahan dapat menjadi lebih baik dan bermutu.

Label Berita: