WORKSHOP ANALISIS DATA SECARA VISUAL DENGAN PROGRAM R

Tim Kelompok Bidang Keahlian Statistika Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Dosen Berkegiatan di Luar Kampus) pada hari Kamis-Jum’at tanggal 27-28 Juli 2023. Tema yang dipilih pada kegiatan ini yaitu "Workshop Analisis Data Secara Visual dengan Program R". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Statistika Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Narasumber pada kegiatan workshop kali ini yaitu Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa, M.S., Ibu Kismiantini, M.Si., Ph.D., Ibu Dr. Retno Subekti, M.Sc., Bapak Ezra Putranda Setiawan, M.Sc., dan Bapak Bayutama Isnaini, M.Si. dengan moderator Ibu Indira Ihnu Brilliant, M.Stat. 

Pelaksanaan workshop ini terbagi menjadi dua hari dengan lima sesi. Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Ibu Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wutsqa, M.S. mengenai prosedur dan kegunaan analisis data secara visual. Pada kesempatan ini juga disampaikan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan visualisasi data. Selanjutnya, materi pada sesi kedua disampaikan oleh Ibu Dr. Retno Subekti, M.Sc mengenai pengenalan dan instalasi program R. Kemudian, materi sesi ketiga disampaikan oleh Ibu Kismiantini, M.Si., Ph.D. mengenai manajamen data dengan program R. Setelah penyampaian tiga materi pada hari pertama, dilanjutkan penyampaian materi pada hari kedua. Narasumber pada sesi empat yaitu Bapak Bayutama Isnaini, M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang analisis data visual untuk deskripsi dan perbandingan kelompok. Kemudian, materi pada sesi lima disampaikan oleh Bapak Ezra Putranda Setiawan, M.Sc. mengenai analisis data visual untuk hubungan antar variabel.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh 45 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Peserta workshop merupakan dosen dan mahasiswa S1 dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta serta mahasiswa S1 dan S2 dari Departemen Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa dosen dan mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Timor, Universitas Jambi, dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Peserta workshop sangat antusias ketika diberi kesempatan untuk bertanya dan masuk ke dalam breakout room untuk melakukan praktik analisis data secara visual.
 

Label Berita: