Visualizing The Strategic Issues with Big Data to Achieve the SDGs: 2 Mahasiswa Prodi Statistika menjadi Finalis pada Kompetisi Infografis STIS 2022

Poisson atau Pekan Olimpiade Statistika Nasional merupakan kompetisi statistika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Forkas di bawah naungan Senat Mahasiswa Politeknik Statistika STIS. Poisson dipersembahkan kepada seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) dan Dies Natalis Politeknik Statistika STIS yang ke-64. Lomba Infografis Statistika ini merupakan sebuah kompetisi guna mengasah kemampuan dalam memvisualisasikan informasi, data, atau ilmu pengetahuan secara grafis. Dengan adanya kompetisi ini dapat menumbuhkan sikap kritis, kreatif, analitis, kompetitif, dan peka terhadap permasalahan, khususnya di bidang statistika.

Perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah “Nexus Team” yang terdiri dari Asma’ Khoirunnisa’ (mahasiswa Prodi Statistika 2021) sebagai ketua tim dan Firdaus Amruzain Satiranandi Wibowo (mahasiswa Prodi Statistika 2021) sebagai anggota tim. Nexus Team ini berhasil menjadi finalis pada kompetisi infografis bergengsi tersebut. Judul infografis yang disampaikan adalah "The qualitative analysis of Nexus and land development perspectives: Agricultural land or photovoltaic parks?".

Kompetisi infografis tersebut diawali dengan seleksi paper dan infografis, kemudian dilanjutkan babak final berupa tanya jawab dengan reviewer. Pada tanggal 2 Oktober 2022, Nexus Team menjadi salah satu dari sepuluh tim yang lolos menjadi finalis untuk mempresentasikan karya beserta sesi tanya jawab bersama penguji/reviewer.

Label Berita: