Visiting Professor kuliah Machine Learning Statistika oleh Prof. Osval Antonio Montesinos-Lopez, Ph.D.

Machine learning merupakan bagian dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang berkembang sangat pesat. Walaupun istilahnya mengandung kata machine atau “mesin”, machine learning sama sekali tidak berhubungan dengan mesin! Machine learning merupakan istilah untuk menyebut sekumpulan prosedur yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data dengan tujuan supervised (prediksi, klasifikasi) maupun unsupervised (pengelompokan, reduksi dimensi).  Oleh karena itulah, machine learning berkaitan erat dengan ilmu statistika dan dipelajari oleh mahasiswa Program Studi S1 Statistika UNY dalam mata kuliah Machine Learning Statistika.

Guna mengenalkan mahasiswa pada perkembangan Machine Learning yang sangat pesat, Prodi Statistika mengundang narasumber seorang Profesor yang telah lama menerapkan Machine Learning dalam prosedur statistika. Beliau adalah Prof. Osval-Antonio Montesinos-Lopez, Ph.D., yang sehari-harinya mengajar di Universidad de Colima, Mexico. Selain mengajar, Prof. Osval juga melaksanakan beragam penelitian di bidang agriculture dengan mempergunakan metode-metode machine learning. Dari penelitian selama bertahun-tahun, puluhan artikel di jurnal ilmiah telah dihasilkan oleh Prof. Osval dan kolega-koleganya. Beliau juga merupakan salah satu penulis buku berjudul Multivariate Statistical Machine Learning Methods for Genomic Prediction, yang diterbitkan oleh Springer Nature.

Walaupun terlaksana secara daring, kehadiran Prof. Osval dalam kuliah Machine Learning Statistika  memberi inspirasi dan nuansa baru yang menakjubkan. Selama enam pekan, Prof. Osval memandu mahasiswa/i meninjau ulang pengertian machine learning, mempelajari regresi Ridge dan LASSO untuk keperluan regresi dan klasifikasi, serta mempelajari hutan acak (random forest). Dalam setiap perjumpaan, Prof. Osval menjelaskan dasar teori dari setiap metode serta mendemonstrasikan penerapannya pada perangkat lunak R. Seusai perkuliahan, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mencoba kode-kode program pada komputer atau laptop masing-masing.

Selain diikuti oleh mahasiswa/i, kegiatan Visiting Professor ini juga dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan Pendidikan Matematika UNY. “Materinya lengkap dan jelas”, demikian komentar yang diberikan oleh para dosen terhadap perkuliahan Prof. Osval. Semoga kuliah Prof. Osval dapat memotivasi seluruh civitas akademika Prodi Statistika UNY untuk mempelajari seara mendalam dan melaksanakan riset di bidang Machine Learning
 

Label Berita: