Tim Prodi Statistika UNY berprestasi pada Statistics Infographics Competition (SIC) di Satria Data 2021

Statistics Infographics Competition (SIC) adalah salah satu kompetisi di Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA)  yang dimaksudkan untuk menyusun informasi-informasi yang terkandung dalam topik yang telah disediakan menjadi suatu infografis yang menarik dan komprehensif. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) University dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas)  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Pendaftaran lomba ini dibuka pada tanggal 18 Agustus 2021 sampai 18 September 2021. Pengumpulan karya ditutup pada 20 Oktober 2021 dan babak final diselenggarakan tanggal 25 November 2021. Pada tahun ini terdapat 271 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan satu tim terdapat 3 orang. Pada lomba ini peserta diminta untuk mengirimkan karya infografis, surat orisinalitas karya, dan deskripsi dari infografis tersebut. Kemudian pada babak final terdiri dari 10 finalis dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia melakukan presentasi secara online melalu zoom dihadapan juri-juri.

Tim dari Prodi Statistika Universitas Negeri Yogyakarta berhasil lolos ke tahap 10 besar finalis, beranggotakan Subkhan Hikmah Fitri, Angeliya Milla Khariyani, dan Dave Prihadi Nagogo Rajagukguk (mahasiswa Statistika angkatan 2018). Pada 25 November 2021, tim tersebut mempresentasikan infografis dengan mengangkat judul "Komoditas Perikanan jadi Andalan Ekspor Indonesia". Infografis tim tersebut menginformasikan kepada masyarakat bahwa kekayaan Indonesia ini mampu meningkatkan perekonomian melalui ekspor perikanan. Selain itu infografis tersebut juga menginformasikan mengenai negara tujuan ekpor tertinggi dan juga jenis komoditas tertingginya. Kemudian pengumuman pemenang dilaksanakan online via zoom dan ditayangkan di youtube pada tanggal 26 November 2021 pukul 19.00 s/d 21.00 WIB dan tim Prodi Statistika UNY mendapatkan predikat ‘Best Creativity’ dalam lomba SIC ini.

Selain itu, TIM 15 SIC Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Afif Shalahuddin (Prodi Matematika), Aisyah Fatkhi Navila (Prodi Pendidikan Matematika), dan Ratna Triutami (Prodi Statistika) juga berkesempatan memperebutkan Juara People Choice dalam kategori 30 Karya Infografis terbaik SIC Satria Data 2021. Open vote dibuka sejak tanggal 16 November hingga 24 November 2021 pukul 23.59 WIB. Tim tersebut membawakan karya infografis dengan judul "Komoditas Unggulan Sektor Pertanian, Ekspor Strategis Pendukung Laju Pertumbuhan Ekonomi Nasional". Dengan didukung data Perdagangan Indonesia dan data Perdagangan Internasional selama 20 tahun terakhir, karya tim 15 menginformasikan tiga komoditas pertanian dengan jumlah ekspor tertinggi. Kemudian disajikan juga lima negara tujuan ekspor dengan nilai dan volume ekspor tertinggi untuk masing-masing komoditas, baik tahun 2020 bahkan rata-rata sejak tahun 2001. Dalam karya Infografis tersebut juga dipaparkan provinsi penghasil komoditas dengan volume tertinggi di Indonesia serta beberapa saran yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi ekspor di sektor pertanian.

Label Berita: