Tanggap akan Tantangan Inovasi Digital Mahasiswa, Usung Pendidikan Inklusi sebagai Kunci Aktualisasi

Mahasiswa Indonesia sebagai agent of change, berperan aktif memajukan pendidikan Indonesia berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) melalui penerapan teknologi digital untuk menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga literasi digital dapat tumbuh dan berkembang di dunia pendidikan. Literasi digital untuk menumbuhkembangkan talenta pendidikan nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru menjadi tema besar yang diusung dalam mendukung gerakan kepedulian peningkatan literasi dan kualitas pendidikan berkelanjutan (Education for Sustainable Development Goals/ESDG’s). Sejalan dengan kondisi tersebut, memperoleh pendidikan seperti yang diharapkan tersebut tentu menjadi dambaan semua orang tak terkecuali Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), yaitu pendidikan yang kondusif dan inklusif.

Tidak dipungkiri masih banyak sekolah di Indonesia yang belum sepenuhnya mau menerima ABK dan menerapkan Pendidikan Inklusi. Lalu pada akhirnya sekolah tumbuh dan berkembang menjadi tempat yang eksklusif, awam disabilitas dan persoalannya. Hal ini menunjukkan masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai literasi dan perbaikan kualitas pendidikan Indonesia melalui Pendidikan Inklusi. 

Berangkat dari keprihatinan di atas, sebagai agen pendidik masa depan yang turut berkontribusi dalam meraih hasil-hasil gemilang tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s) hingga tercapai Agenda Pendidikan Dunia pada Tahun 2030, Tim Sembagi Arutala Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Hanifah Mar’atush Shalihah (S1 Pendidikan Matematika, 2020), Yunita Ambarwati (S1 Pendidikan Luar Biasa, 2020), dan Asma’ Khoirunnisa’ (S1 Statistika, 2021) menampilkannya dalam bentuk poster pendidikan berjudul “Aktualisasi Potensi Ciptakan Karya Gemilang Melalui Pendidikan Inklusi”. Tiga Srikandi UNY ini, dengan bimbingan bimbingan Bapak Heru Sukoco, S.Si., M.Pd., berhasil lolos sebagai Finalis LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) Kategori Poster Tahun 2023. Selain itu, poster ini juga telah mendapatkan Sertifikat HKI (Hak Kekayaan Intelektual), yaitu Hak Cipta Nomor 000471303 untuk Jenis Ciptaan Poster dengan judul yang sama.

Poster pendidikan tersebut diharapkan mampu membawa asa untuk membuka pandangan luas seluruh masyarakat Indonesia tentang Pendidikan Inklusi yang ditujukan untuk semua kalangan secara bersama. Melalui fase belajar bersama tanpa adanya diskriminasi, kita dapat secara bersamaan melihat harmonisasi pendidikan. Selain itu, poin SDG’s mengenai Universal Quality Education bagi semua kalangan, termasuk kelompok marjinal dapat tercapai. Mari suarakan Pendidikan Inklusi bersama kami, cukup dengan pindai QR code di bawah ini lalu berikan like dan comment untuk poster kami.

 

 

Label Berita: