Menggali Informasi dari Data Spasial

Statistik Spasial merupakan salah satu mata kuliah pilihan bidang Biostatistika yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Statistika UNY.  Pada semester genap tahun 2021, mata kuliah ini diikuti oleh lima mahasiswa/i angkatan 2018. Di bawah bimbingan Kismiantini, Ph.D. dan Ezra Putranda Setiawan, M.Sc., mahasiswa tidak hanya mempelajari berbagai teori statistik spasial namun juga menerapkan metode-metode tersebut dalam memecahkan persoalan. Kemampuan mahasiswa/i tersebut ditunjukkan dalam penyusunan artikel ilmiah dengan memanfaatkan data sekunder di berbagai bidang. 

Pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021, artikel-artikel tersebut dipresentasikan oleh mahasiswa dalam kegiatan Seminar Nasional Matematika, Statistika, & Aplikasinya (SNMSA) yang bertema “Mathematics and Statistics for Supporting Research in the New Normal Era”.  SNMSA 2021 diselenggarakan secara daring oleh Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman. Selengkapnya artikel-artikel tersebut berjudul: 

  1. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Penderita Tuberkulosis Menggunakan Geographically Weighted Regression di Provinsi Jawa Timur (dipresentasikan oleh Angeliya Milla Khariyani)
  2. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Di Kalimantan Barat Tahun 2020 Menggunakan Geographically Weighted Regession (dipresentasikan oleh Andriati Langiran)
  3. Pemodelan Prevalensi Gizi Buruk Pada Balita di Kalimantan Tengah Menggunakan Geographically Weighted Regression (GWR) (dipresentasikan oleh Ryan Sidiq Permana)
  4. Pemodelan Geographically Weighted Regression (GWR) Pada Jumlah Produksi Padi (Studi Kasus: Data Produksi Padi Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020) (dipresentasikan oleh Hafizh Nur Ihsan)
  5. Pemodelan Gizi Buruk Pada Balita Di Provinsi Jawa Timur Menggunakan Geographically Weighted Regression (GWR) (dipresentasikan oleh Qatrunnada Azkia)
Label Berita: