Laksanakan Pengabdian Masyarakat Selama Lima Bulan, Tim PPK Ormawa BEM FMIPA UNY Berhasil Lolos Abdidaya Ormawa 2023

SLEMAN (7/12) - Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) BEM FMIPA UNY kembali lolos dalam penganugerahan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tahun ini Tim PPKO BEM FMIPA UNY berhasil mengalahkan ribuan tim dari seluruh Indonesia hingga tersisa 160 tim yang berhak melaju ke Abdidaya Ormawa 2023. Sebelumnya, BEM FMIPA UNY juga lolos dalam program yang sama di tahun 2021 dan 2022.

Perlu diketahui bahwa PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Setelah mengikuti serangkaian seleksi dan dinyatakan lolos pendanaan, Tim PPKO BEM FMIPA UNY 2023 mengabdi selama lima bulan di Desa Grogol, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul. Pengabdian tersebut mengusung tema Kampung Iklim dengan judul "Rintisan Kampung Iklim Berbasis Pengembangan Tanaman Perkebunan Menggunakan Metode Agroforestri di Desa Grogol".

Adapun program-program yang dilaksanakan selama pengabdian, yaitu Implementasi Metode Penanaman Agroforestri, Pembuatan Biopori, Optimalisasi Kotoran Ternak melalui Biogas, Pengolahan Sampah Anorganik menjadi Kerajinan Bernilai Jual (Ecobrick), Kerajinan Batik Ecoprint, dan Pembentukan Kelembagaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Dua mahasiswa Prodi Statistika angkatan 2020, Erwin Rizki Nur Rofiq dan Doni Setyawan tergabung menjadi bagian dari tim tersebut. Keduanya berangkat ke Universitas Jember untuk melaksanakan expo dan mengikuti malam penganugerahan tim terbaik dari setiap kategori yang ada. Semoga segenap tim dapat berkegiatan dengan lancar dan meraih prestasi demi nama baik Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Prodi Statistika FMIPA UNY. 

Pewarta : Erwin Rizki Nur Rofiq (Statistika 2020)

Label Berita: