Kegiatan Praktisi Mengajar di Mata Kuliah Statistika Keuangan

    Program Praktisi Mengajar di Program Studi Statistika FMIPA UNY tahun 2024 ini diadakan pada mata kuliah Statistika Keuangan yang diampu oleh Ibu Dr. Retno Subekti, M.Sc. dan Ibu Indira Ihnu Brilliant, M.Stat. Pada tanggal 29 Februari 2023, telah diselenggarakan pertemuan perdana dengan praktisi. Program praktisi ini direncanakan dapat terselenggara sebanyak dua kali. Program Studi Statistika menghadirkan Branch Manager dari FAC Sekuritas yaitu, Bpk Hery Gunawan Muhamad, S.IP., M.E., CES. Beliau merupakan penggiat bursa saham Indonesia khususnya pada saham syariah.

    Perkuliahan ini dilaksanakan Gedung bursa efek lantai 2,  Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Yogyakarta, Jl. P Mangkubumi no. 84, Karangwaru. Tegalrejo.  Acara dibuka oleh Bpk Irfan Noor Riza selaku Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Yogyakarta. Beliau menyampaikan beberapa hal untuk memotivasi para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.  Beliau juga menyampaikan program yang akan diadakan KP BEI Yogyakarta yaitu Program Magang menjadi Inkubator UMKM. Selanjutnya materi perkuliahan pertemuan perdana adalah pembahasan dasar mengenai investasi portofolio oleh Bpk Hery Gunawan Muhammad, S.IP., M.E., CES.

    Pada pertemuan tersebut, Bpk Hery selaku praktisi yang mengajar memberikan insight terhadap penyimpanan modal yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pada bank dan penginvestasian saham yang memiliki plus dan minusnya tersendiri. Seperti Bank yang penyimpanan modalnya dilindungi oleh LPS hingga 2 Milyar, maka investasi di Bank memiliki risiko yang lebuh kecil dibandingkan investasi saham yang memiliki risiko lebih besar. Beliau juga menjelaskan tentang konsep mendapatkan keuntungan dalam Saham, yaitu Capital Gain dan Dividen. Tak lupa juga beliau memberikan contoh pengalaman pengalaman yang sudah beliau lalui ataupun terkait keuntungan pada Capital Gain dan Dividen tersebut. Selain itu beliau juga menjelaskan terkait Analisis Fundamental dalam suatu Perusahaan.

    Dari terselenggaranya kegiatan praktisi mengajar ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar dari investasi yang mana sangat erat hubungannya dengan mata kuliah Statistika Keuangan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mencoba berinvestasi dan mencari pengalaman dalam hal finansial.

Label Berita: