Kegiatan Kuliah Praktisi Mengajar di Prodi Statistika 2023

Program Praktisi Mengajar di Program Studi Statistika FMIPA UNY tahun 2023 ini diadakan pada mata kuliah Teori Peluang yang diampu oleh Ibu Dr. Retno Subekti, M.Sc dan Ibu Lusi Harini, M.Sc. Pada tanggal 30 September 2023, program praktisi mengajar yang diselenggarakan atas kerjasama dengan kemendikbud telah dilaksanakan. Kegiatan ini akan direncanakan sebanyak empat kali pertemuan. Program Studi Statistika menggandeng Lead data analysis dari salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yaitu, Bpk Mochammad Kautzar Ichramsyah, S.Si dari Jakarta. Beliau adalah lulusan program studi Statistika UGM angkatan 2017.

Perkuliahan ini diawali dengan berbagi pengalaman kerja yang berkaitan dengan analisis data. Kuliah praktisi ini diikuti oleh mahasiswa statistika yang mengambil mata kuliah Teori peluang khususnya angkatan 2022. Pada pertemuan pertama, praktisi menjelaskan beberapa teori terkait materi ekspektasi, variansi dan moment generating function. Kemudian, kegunaan dan manfaat dari materi tersebut dipaparkan pada bagian sesi akhir pertemuan. Pengalaman dan saran beliau diharapkan dapat memotivasi mahasiswa akan pentingnya lulusan statistika di dunia kerja ke depan. Pertemuan 2 dan 3 diisi praktisi dengan materi dan praktik dalam menginterpretasi output grafik yang dihasilkan program python. Pada sesi terakhir (pertemuan ke-4), praktisi memberikan panduan dengan menggunakan program python dan interpretasinya berkaitan dengan distribusi peluang bersama, ekspektasi, variansi, kovariansi dan korelasi menggunakan python.

Beberapa contoh materi yang telah dikupas beserta komputasinya oleh beliau dipublikasikan pada media medium.com yaitu https://kautzarichramsyah.medium.com/. Hal ini ditunjukkan sebagai pengenalan untuk mahasiswa bahwa topik perkuliahan dalam statistika menjadi dasar bagi seorang data analyst. Beliau menunjukkan bahwa sebagai praktisi analis data di tempat beliau bekerja ternyata masih dapat mengembangkan karya dalam tulisan dan dapat dipublikasikan. Dari terselenggaranya kegiatan praktisi mengajar ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan materi dalam teori peluang untuk berbagai permasalahan di berbagai bidang. Selain itu, kegiatan ini diharapka dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang relevan dan berkualitas.

 

Label Berita: