Firdaus Amruzain Satiranandi, Asma’ Khoirunnisa’, dan Jacinda Dewati Nugroho (Mahasiswa Prodi Statistika 2021) Meraih Prestasi Pada PKM AMLI 2022

PKM AMLI yang diadakan tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Asosiasi MIPA LPTK Indonesia yang bekerja sama dengan FMIPA UNY sebagai tuan rumahnya. Tujuan dari lomba ini yaitu untuk menumbuhkembangkan jiwa mahasiswa yang kreatif, inovatif, unggul, produktif dan kompetitif serta memiliki softskill dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia berdaya saing tinggi dan adaptif. Kegiatan perlombaan ini terinspirasi dari kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diselenggarakan oleh Belmawa Kemdikbudristek, sehingga memiliki karakteristik umum yang sama, yakni topik dari proposal yang diajukan haruslah kekinian dan atau berkaitan dengan Sustainable Developments Goals (SDGs). Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis.

Salah satu perwakilan dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Firdaus Amruzain Satiranandi (mahasiswa Prodi Statistika 2021) sebagai ketua tim, Asma’ Khoirunnisa’ (mahasiswa Prodi Statistika 2021) dan Jacinda Dewati Nugroho (mahasiswa Prodi Statistika 2021) sebagai anggota tim. Tim Gedhang Kluthuk ini mengikuti kategori PKM-Kewirausahaan dan berhasil menjadi finalis pada kompetisi PKM bergengsi tersebut. Judul PKM yang diangkat adalah “Iles-Iles Protein Bar sebagai Kreasi Produk Camilan yang Sehat dan Berprotein Tinggi”.

Kompetisi PKM ini diawali dengan proses sosialisasi dari bulan Juni 2022 hingga pengumpulan laporan akhir pada 10 Oktober 2022, kemudian dilanjutkan dengan pendanaan disertai dengan monitoring kegiatan lalu babak final berupa presentasi dan tanya jawab dengan reviewer. Pada tanggal 21 Oktober 2022, tim Gedhang Kluthuk menjadi salah satu dari 35 tim yang lolos menjadi finalis untuk menampilkan karya beserta sesi tanya jawab bersama penguji/reviewer.

Label Berita: