RG Statistika untuk Pendidikan dan Ilmu Sosial

Selayang Pandang

Statistika untuk Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan bidang riset yang menjadi kekhasan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai perguruan tinggi eks Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP). Research Group ini mengkaji penerapan metode-metode statistika untuk memecahkan persoalan di bidang pendidikan dan ilmu sosial.

 

Fokus Penelitian

Saat ini Research Group Statistika untuk Pendidikan dan Ilmu Sosial mengkaji data hasil survey Programme for International Students' Assessment (PISA) di Indonesia dan negara-negara sekitarnya. 

 

Personalia

1.

Kismiantini, Ph.D.

staff site

SINTA

2.

Ezra Putranda Setiawan, M.Sc.

staff site

SINTA

  3.   Andika Putri Ratnasari, M.Si.* staff site SINTA

*sejak 2024

 

Publikasi Hasil Penelitian Dosen

Berikut beberapa hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Research Group Statistika untuk Pendidikan dan Ilmu Sosial:

1. Kismiantini, Setiawan, E.P., Pierewan, A.P., Montesinos-López, O.A. (2021). Growth mindset, school context, and mathematics achievement in Indonesia: A multilevel model. Journal on Mathematics Education, 12(2): 279-294.  https://doi.org/10.22342/jme.12.2.13690.279-294 [pdf]

2. Kismiantini, Setiawan, E.P., Setiawan, A., and Albarr, H. (2022). Application of multivariate regression analysis for assessing the relationship of students’ backgrounds to students’ achievements. AIP Conference Proceedings, 2575, 070003-1-070003-8. https://doi.org/10.1063/5.0107792

3. Setiawan, E. P., Kismiantini, K., & Montesinos-López, O. A. (2024). How economics-socio-cultural status affect indonesian students’ performance in mathematics? An insight from PISA 2012-2022. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(3), 1800-1816.  http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v14.i3.2024122

4. Kismiantini, K., & Setiawan, E. P. (2024). Examining mathematics achievement of students from different provinces: What PISA 2018 says about Indonesia?. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 14(1), 15-30.  https://doi.org/10.46517/seamej.v14i1.331

5. Setiawan, E. P. & Kismiantini. (2025). Students’ grades, growth mindset, and mathematics performance: PISA results in Southeast Asia and Australia. Journal of Mathematics and Science Teacher, 5(1), em076. https://doi.org/10.29333/mathsciteacher/15999